0

[TUTORIAL] 10 Langkah Install TWRP Recovery di Ponsel Xiaomi

Install TWRP Recovery di Ponsel Xiaomi – Kali ini tim tips xiaomi mencoba untuk berbagi tutorial bagaimana cara install recovery TWRP ke perangkat Xiaomi yang mudah dang a ribet. Recovery TWRP merupakan salah satu custom recovery terkenal selain CWM dan menjadi tool andalan bagi fans MIUI untuk menggunakan berbagai custom ROM yang muncul di internet.

Kenapa harus menggunakan custom recovery?, karena stock recovery bawaan ponsel Xiaomi hanya mempunyai fitur dasar recovery dan itupun hanya bisa digunakan untuk flash ZIP file stock ROM. Disinilah letak keuntungan menggunakan custom recovery di ponsel Xiaomi meskipun untuk beberapa kasus tertentu tidak bisa digunakan untuk mendapatkan update secara OTA.

Instalasi custom recovery seperti TWRP memiliki berbagai cara yang bagi tiap-tiap fans MIUI mempunyai selera masing-masing. Di sini, tim Tips Xiaomi mencoba untuk memberikan cara install recovery TWRP yang paling mudah karena banyaknya fans MIUI yang masih dalam tahap pengguna biasa.

Metode yang digunakan adalah metode fastboot, di metode ini memerlukan bantuan pc atau laptop untuk melakukan flashing custom recovery TWRP langsung ke perangkat ponsel MIUI. Cukup mudah, hanya beberapa perintah saja yang perlu dilakukan untuk mengganti stock Mi recovery ke TWRP recovery.

Cara Install TWRP Recovery di Ponsel Xiaomi

Langkah 1 – Pastikan kondisi baterai ponsel Xiaomi diatas 60%

Langkah 2 – Download driver ADB, silakan merujuk ke link berikut

Langkah 3 – Download recovery TWRP dalam bentuk file image yaitu IMG

Langkah 4 – Bikin folder baru di Desktop, Copy-kan kedua file di atas ke folder baru tersebut

Langkah 5 – Pastikan Menu USB Debugging sudah dalam kondisi ENABLE, Menu USB debugging berada dalam menu developer yang bisa diakses dengan cara masuk ke Settings > About phone > Kemudian tap 7 kali pada informasi Build Number

Langkah 6 – Koneksikan ponsel Xiaomi ke PC atau Laptop menggunakan kabel USB. ADB Driver secara otomatis akan terinstall, ikuti wizard yang ada hingga benar-benar terinstall dengan sempurna

Langkah 7 – Matikan ponsel kemudian cabut kabel USB

Langkah 8 – Kini masuk ke mode fastboot dengan cara menekan dan tahan beberapa detik tombol Volume Down dan tombol Power hingga tampil logo kelinci Xiaomi warna hijau sedang memperbaiki android.

Langkah 9 – Kini koneksikan ponsel Xiaomi dengan PC menggunakan kabel USB, Masuk folder baru yang telah dibuat di atas lalu tekan tombol SHIFT kemudian klik kanan mouse untuk mendapatkan akses ke menu, lalu pilih “Open New Command Window”

Langkah 10 – Ketik perintah “fastboot devices” untuk memastikan koneksi ponsel dengan PC yang ditandai dengan adanya output dari perintah tersebut. Lalu ketikkan perintah “fastboot flash recovery twrp.img” untuk memulai proses flash recovery TWRP ke ponsel. Tunggu hingga benar-benar selesai, prosesnya hanya memakan waktu beberapa detik.

Kini ponsel sudah terinstall recovery TWRP yang menggantikan Mi recovery. Dan ponsel siap diflash selanjutnya dengan custom ROM atau stock ROM.

Tags: